Finance for Non Finance Anyone?

Ada satu buku yang masuk dalam daftar bacaan saya satu bulan belakangan ini, judulnya: Finance for Nonfinancial Managers. Buku ini WAJIB selesai dibaca tapi susah sekali untuk maju satu halaman saja. Selama beberapa minggu buku ini ada di dalam tas saya, sampai akhirnya saya keluarkan karena setiap kali di jalan dan saya ingin membacanya kok bawaannya malas, ya! Rasanya kalau pagi hari topiknya terlalu serius untuk otak saya yang masih loading untuk menerimanya. Sedangkan dalam perjalanan pulang malas rasanya sudah capek masih juga harus berkutat dengan topik yang serius.

Kenapa, sih, saya sampai membeli buku ini?

Dalam masalah pekerjaan banyak sekali posisi atau pekerjaan yang menuntut kita harus mengerti hal-hal yang berkaitan dengan finance padahal latar belakang kita sama sekali tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. Yang paling umum mungkin mereka yang bekerja di industri perbankan. Tidak semua orang yang kerja di Bank harus memiliki latar belakang finance, contohnya mereka yang kerja di supporting unit. Tapi karena kerja di Bank pasti akan sering dengar istilah-istilah finance, kan? Nah, oleh karena itu penting tuh untuk tetap mengerti finance walaupun latar belakang kita bukan finance. Selain itu semakin tinggi posisi kita maka kita akan sering berhadapan dengan prospektus yang sedikit banyak berkaitan dengan keuangan. Tidak hanya dituntut bisa mengerti tapi kita juga harus bisa menganalisa agar bisa menggunakan financial statement atau apapun yang memilki unsur keuangan agar bisa membuat strategi bisnis jitu.

Kalau saya sendiri, sih, sebenarnya karena kebanyakan klien saya dari industri perbankan dan sudah makanan sehari-hari saya mendengarkan istilah-istilah perbankan dan keuangan. Jadi, penting nih buat saya sendiri untuk mengerti. Humm, ini membuat saya juga berpikir pasti banyak diluar sana yang senasib dan sepenanggungan dengan saya dituntut mengerti mengenai finance, walaupun hanya di permukaan saja, padahal tidak punya latar belakang tersebut. It would be a challenging course to develop but it’s a challenge that I think I would want to take upon.

Finance for Non Finance Anyone?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s