365 in Skincare: My AM Routine when Having Acne Breakout

Kalau mengikuti akun Instagram saya, pasti 2 minggu belakangan ini udah bosen, ya, “dengerin” saya ngeluh masalah jerawatan. Untuk seseorang yang jarang banget jerawatan this is major! Nggak mungkin lah, kalau nggak pernah bermasalah kulitnya. Begitu pula saya. Biasanya sih kalau PMS adalah satu atau dua. Tapi kali ini, begitu hilang satu muncul satu lagi. Gede-gede pula! Sebelnya, jerawat yang timbul bukan jerawat yang ada matanya, tapi jerawat batu. Ini sebenarnya kesalahan saya sendiri, sih.

Awalnya karena mudik ke Malang. Pas mudik ke Malang saya tahu betul kalau di Malang sedang dingin, around 20 degrees. Nah, di antara itu saya sempat ke Blitar, di mana udaranya tidak sama seperti Malang tapi lebih berdebu. Saya sudah siap tempur. Bawa segala macam deep cleansing mask dan juga siap sedia Sunday Riley Artemis dan History of Whoo Soon Hwan Essence karena kedua produk tersebut paling ampuh membantu menyeimbangkan kondisi kulit saya.

Sayangnya, begitu balik ke Jakarta saya mulai lalai dan enak-enakan. Padahl udah di Jakarta sedang panas-panasnya. Yang terjadi adalah dua minggu kemudian mulai deh muncul satu persatu jerawat! Yang paling bikin bete adalah jerawat batu ini sakit banget dan ganggu karena gede banget. Jadinya saya jadi gatel pencet-pencet dan jadilah berbekas dan merusak jaringan kulit *sigh*.

Anyway below are the skincare that I’m using in the morning to tackle this problem.

Singkatnya produk yang saya gunakan adalah:

  1. Cleanser dengan pH rendah. Memang biasanya juga saya menggunakan cleanser dengan pH rendah tapi suka bandel juga, sih. Nah, kalau lagi jerawatan, nggak ada deh bandel-bandel. I’m choosing cleanser that works best in this condition. Pilihan saya jatuh pada Sum37 Enzyme Powder Wash dan Miracle Rose Cleansing Stick serta Dr Jart Ctrl A.
  2. Menard Fairlucent Mask untuk membantu dengan spots yang mulai muncul. Occasionally I use deep cleansing mask.
  3. Toner dengan kandungan BHA karena BHA lipid-solluble jadi bisa “menembus” minyak dan kotoran yang bersarang pada jerawat dan juga memang lebih cocok dipakai kalau sedang jerawatan. I’m putting my AHA acid toner for rest at the moment.
  4. History of Whoo Soon Hwan Essence dan Sunday Riley Artemis yang sudah pernah saya ulas terpisah dan keduanya adalah senjata saya dalam melawan jerawat dan kulit bermasalah.
  5. Retinol! During daytime? Yeap. Karena Retinol memang membantu mengeringkan jerawat juga.
  6. Light moisturiser. Kali ini pilihan saya adalah Aesop Oil Free Hydrating Serum yang teksturnya tidak creamy dan nyaman sekali digunakan. Apalagi karena kandungan Aloe Vera yang membantu menenangkan kulit.
  7. CosRX AHA/BHA toner di sini saya gunakan sebagai hydrating toner karena walaupun mengandung AHA/BHA tapi hanya 0,1% saja! Too little to act as exfoliant. Tapi kandungan allantoin-nya membantu juga menenangkan kulit saya yang lagi bandel. Cukup memberikan hidrasi walaupun tidak sebanding dengan hydrating toner saya lainnya karena tidak mengandung glycerin maupun hyaluronic acid.
365 in Skincare: My AM Routine when Having Acne Breakout

8 thoughts on “365 in Skincare: My AM Routine when Having Acne Breakout

  1. Kurnia says:

    Hai! Mau tanya, untuk acid toner itu sebaiknya digunakan setiap hari atau di selang seling? Misalkan hari ini pake, besok ga pake, atau mungkin sesuai kebutuhan? Kebetulan aku kulitnya combination dehydrated & acne-prone.

    Thanks!

  2. Anggi says:

    Mba amal,

    Klo urutan night routinr seperti ini, kira2 overkill ga ya acid nya?

    Cleanser >> Toner CosRx Aha-Bha >> Paula’s Choice Resist 2% BHA >> Retinol Cream 0.5% (dr resep erha retinolnya)

    selama ini ga pake acid toner, wondering kira2 klo ditambahkan cosrx toner apa akan lebih bagus

    Thank you mba amal🙂

Leave a Reply

