Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai hal baru

Seperti yang saya tuliskan di post ini, setelah saya pulang dari Singapur sebenarnya masih banyak sekali cerita seputar perbincangan saya dengan Anggun dan Sha yang ingin saya bagi. Sayangnya pada saat itu saya tidak bisa berjumpa dengan Priscilla Shunmugam, desainer dari label asal Singapura bernama Ong Shunmugam. Sebenarnya belum lama, sih, saya tahu label yang ternyata sudah ada dari tahun 2012. Pada Singapore Fashion Week tahun ini saya sempat melihat koleksi-koleksi dari Ong Shunmugam yang memadukan tekstil dan inspirasi desain dengan sentuhan Asia pada koleksinya. It’s breathtakingly beautiful, something so now yet with a touch of Asian tradition into it. 

Photo Courtesy of Glamasia

Di tahun 2012 Priscilla adalah satu-satunya wanita yang masuk ke dalam daftar Style Magazine Singapore’s Magazine Singapore ‘s 10th Anniversary’s list of The New Guard – daftar pendek para game-changers dan taste-makers yang berhasil mengerjakan sesuatu sesuai dengan gaya mereka. Di tahun yang sama ia juga terpilih sebagai Singapore Designer of the Year di ajang 2012 Elle Awards di Singapura.

Sama seperti Anggun dan Sha, Shunmugam juga berbagi cerita #ChangeDestiny versi dirinya dan bisa dibilang diantara ke empat cerita para influencer kampanye SK-II dari Asia Tenggara, cerita Priscilla adalah yang paling dekat di hati saya. Karena ternyata Priscilla tidak memulai karirnya sebagai desainer. Priscilla justru lulus dari jurusan hukum dan setelah lulus bekerja di legal industry. Tapi setelah beberapa tahun ia merasa bahwa ada sesuatu yang hilang. “At that point of time it felt that the best thing to do was to follow my instincts.” Kalimat ini terasa too close to home buat saya. Pernah nggak sih merasa kok hidup gue gini-gini aja? Atau malah berada di titik terendah di hidup kalian yang merasa ini saat yang tepat untuk perubahan?

Pada saat itu Priscilla memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan mengubah takdirnya. At one point of my life I did that big change myself because I felt like I needed a big change to make me happy. Saya lulus dari jurusan Information System, di mana pada saat kuliah saya banyak belajar banyak hal-hal yang terkait dengan IT dan sistem. Setelah lulus saya bekerja sebagai webmaster selama lebih dari lima tahun. Setelah lima tahun, jujur saja saya jenuh dengan pekerjaan tersebut. Saya merasa ini bukan apa yang saya mau. Saya sempat pindah ke posisi lain di perusahaan yang sama di mana pekerjaan saya menuntut saya untuk bertemu dengan banyak orang. Meeting and interacting with new people made me happier but it still wasn’t what I’m looking for. I was also at a cornerstone of my life where I needed to make a decision and to be happy with myself. Akhirnya saya mengambil keputusan untuk meninggalkan pekerjaan saya yang walaupun saya tidak suka tapi ‘nyaman’, dalam artian pekerjaan tersebut sudah tidak banyak kejutannya, jam kerja terukur dan juga dari segi finansial aman. I left the work that I know best and start fresh to join Female Daily as their Managing Editor. Saya suka dengan dunia fashion and beauty, tapi sayangnya saya tidak punya latar belakang yang cukup kuat untuk bisa lompat ke dunia ini. Bisa dibilang saya cukup beruntung memiliki kesempatan untuk bisa masuk ke dunia ini karena mendapat tawaran dari teman untuk sama-sama membesarkan situs Female Daily yang pada saat itu sedang mulai menata diri menjadi perusahaan dan membesarkan brand-nya. Perjalanan tersebut mungkin tidak mulus, banyak hal yang harus saya kerjakan dan pelajari, but it was among one of the best decisions that I’ve ever made that I take the leap to #changedestiny. 

Mungkin saya merasa “dekat” dengan Priscilla karena kami sama-sama datang dari background pekerjaan yang nggak menarik-menarik amat kalau dibandingkan dengan dunia yang kemudian kami masuki yaitu the glamorous world of fashion. Kebayang nggak, sih, Priscilla saja yang sudah lulus kuliah hukum (yang kuliahnya pasti susah dan lama) bisa memutuskan untuk mempelajari sesuatu yang baru dan bahkan berhasil di dunia baru ini. Kalau ingin tahu cerita Priscilla lebih lanjut, bisa melihat secara lengkap di video di bawah ini.

As for my story, I once wrote it at Mommies DailyWord of advice, don’t be afraid to jump to the occasion and make that change now. Better late than never. 

Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai hal baru

Leave a Reply

