Alternatif Exfoliating Toner dari SK-II

Ingin tahu topik atau produk yang sering ditanyakan ke saya? Selain acid toning, produk-produk SK-II dan cara mengombinasikan adalah salah satu pertanyaan yang sering saya dapatkan. Jadi saya pikir karena topik acid toning lagi hangat-hangatnya dan juga kebetulan minggu ini adalah minggu terakhir kontes blog review SK-II dengan Female Daily, why not combine the two topics together?

Seperti yang saya singgung pada tulisan saya mengenai acid tonerclear lotion versi skincare Korea dan Jepang adalah alternatif yang bagus sekali untuk mereka yang ingin memulai memakai exfoliating toner tapi ingin sesuatu yang mild. Apalagi kalau memang cocok dengan menggunakan produk-produk keluaran Jepang atau Korea. Menurut saya tidak ada salahnya untuk mulai dari clear lotion. Karena banyak juga saya temui mereka yang terbiasa menggunakan produk-produk keluaran Jepang dan Korea malah tidak cocok menggunakan produk merek Barat.

Kalau dari SK-II sendiri Clear Lotion ada dua jenisnya yaitu SK-II Whitening Source Clear Lotion dan SK-II Facial Treatment Clear Lotion.

SK-II Whitening Source Clear Lotion Rp 707,00000737052110905

Adalah toner berbentuk agak pekat seperti gel tapi sebenarnya pemakaiannya tetap seperti kapas. Biasanya saya akan menggunakan satu pompa penuh produk dan meratakannya ke seluruh wajah. Pada area yang saya rasa banyak sel kulit matinya saya akan berkonsentrasi lebih di area itu dalam mengaplikasikan produk.

Produk ini fungsinya adalah untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan juga membantu meminimalisir penampan bintik hitm di wajah. Hasilnya adalah kulit yang lebih cerah dan sehat.

Kandungan:

Aqua (Water/Eau), Dipropylene Glycol, Saccharomycopsis Ferment Filtrate**, Glycerin, Niacinamide, Butylene Glycol, Pentylene Glycol, Ascorbyl Glucoside, Sodium Metabisulfite, Mentha Piperita (Peppermint) Leaf Extract, Hydrolyzed Glycosaminoglycans, Hydrolyzed Conchiolin Protein, Triethylhexanoin, Diphenyl Dimethicone, Peg-32, Titanium Dioxide, Polysorbate 20, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Disodium Edta, Benzyl Alcohol, Polyglyceryl-10 Myristate, Sodium Hydroxide, Hydroxyethylcell

Jujur saja kalau melihat dari kandungan saya sama sekali tidak tahu kandungan mana yang sebenarnya membantu pelepasan sel kulit mati dari kulit. Karena tidak ada kandungan acid sama sekali ataupun enzim. Akan tetapi memang kandungan Pitera dan Niacinamide yang terkandung di dalam produk ini membantu dalam mencerahkan kulit.

Ok, kalau tanpa melihat kandungannya dan terkesan ilmiah banget, kesan saya pada produk ini memang benar sih kalau setelah berada diluar seharian berasa banget jika memakai toner ini kotoran-kotoran di wajah terasa terangkat. Dan mengombinasikannya dengan produk-produk pencerah lainnya dari SK-II sepertinya memberikan hasil lebih maksimal. Saya suka kandungannya yang gel dan juga terasa lebih melembapkan ketimbang clear lotion dan menurut saya kandungan Pitera-nya pun tidak sebanyak Facial Treatment Clear Lotion.

Jadi ini cocok sekali yang ingin produk eksfoliasi mild, tidak terasa terlalu kering dan juga memberikan efek mencerahkan.

SK-II Facial Treatment Clear Lotion Rp 471,000

00737052641331

Produk toner ini memang mengandung acid. Dan tidak hanya satu tapi ada tiga yaitu Salicylic Acid, Lactic Acid dan Malic Acid. Mungkin jumlah Salicylic Acid-nya lumayan signifikan atau setidaknya adalah 0.5%, akan tetapi jumlah Lactic Acid dan Malic Acid yang terkandung di dalamnya menurut saya tidak cukup banyak. Selain itu pH dari produk ini adalah 5.

Apakah ini artinya saya tidak menyarankan produk ini?

Ok, hear me out. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, lagi-lagi clear lotion adalah pilihan yang tepat unutk yang ingin mencoba mild exfoliating toner. Nah, ingin mencoba exfoliating toner yang mengandung acid tapi takut dengan efek negatifnya seperti perasaan seperti habis ditampar setelah pemakaian, merah-merah, kulit kering dan perih? Mungkin bisa memilih produk ini. Karena kalau dari pengalaman pribadi saya justru merasa Salicylic Acid terasa lebih mild untuk kulit pada saat sensitif ketimbang acid lainnya. Produk ini juga ada Lactic Acid dan Malic Acid walaupun tidak banyak tapi pastinya tetap memberikan pengaruh pada kulit. Selain itu pH-nya yang tidak terlalu rendah juga memastikan kulit tidak terasa terlalu kering dan juga mudah sensitif. Kalau belum terbiasa dengan produk pH rendah biasanya reaksinya lumayan juga di kulit. So start one baby step at a timeThis baby is the perfect one.

Kalau di kulit saya yang kering, sih, saya lebih suka rasanya SK-II White Source Clear Lotion. Tapi karena produk ini ada acid-nya apalagi Salicylic Acid, berasa sekali kalau lagi jerawatan terasa lebih efektif dan juga kulit terlihat lebih segar karena menurut saya walaupun acid-nya tidak banyak dan pH di atas 5, untuk kulit saya terasa kok kalau regenerasi sel kulit mati lebih baik dengan penggunaan produk ini. Selain itu karena teksturnya yang light, penyerapan produk juga lebih bagus.

Seperti biasa saya memakainya dengan kapas. Produk ini cair seperti air.

Kandungan

Aqua (Water), Saccharomycopsis Ferment Filtrate*, Butylene Glycol, Polysorbate 20, Glycerin, Sodium Hyaluronate, PEG-150, Cellulose Gum, Disodium EDTA, Citric Acid, Salicylic Acid, Lactic Acid, Malic Acid, Sodium Citrate, Sodium Benzoate, Methylparaben

 

Bagaimana cara memakainya?

Setelah double cleansing, pakaikan salah satu dari produk ini baru kemudian gunakan hydrating toner. Kalau dari SK-II bisa dikombinasikan dengan Cellumination Mask in Lotion baru kemudian aplikasikan SK-II Facial Treatment Essence.

Kalau ingin mencampurkannya dengan acid toner lainnya, salah satu dari kedua produk di atas bisa digunakan pada pagi hari sedangkan acid toner yang lebih “keras” bisa digunakan pada malam hari.

Alternatif Exfoliating Toner dari SK-II

Leave a Reply

