Pengalaman Konsultasi ke Dokter Kulit

Screen Shot 2017-06-03 at 3.01.54 PM.png

Saya termasuk orang yang hampir nggak pernah ke dokter kulit. Karena menurut saya ke dokter itu kalau ada masalah saja atau butuh pakai sesuatu yang harus dalam pengawasan dokter. Untuk perawatan sehari-hari bisa menggunakan OTC products saja.
Sekalinya ke dokter karena eksema kambuh dan sudah tidak bisa diatasi sendiri akhirnya saya memutuskan ke Erha.

Menurut saya hal yang paling membingungkan dari dokter adalah krim dokter! Kenapa? Karena banyak loh dokter yang tidak mau berbagi racikan rahasianya. Tapi malah membuat orang jadi nggak teredukasi kenapa krim yang mereka pakai bisa memberikan hasil X. Tapi juga sebenarnya bisa juga karena sebagai pasien kita juga tidak tanya ke dokternya isinya apa? Penting banget untuk kita tahu benar kandungan produk yang kita pakai apa dan cara pakainya. Sebenarnya buat saya, produk dokter atau nggak, penting buat tahu kandungan apa yang ada di dalamnya dan cara pakainya.

Bulan kemarin saya memutuskan untuk konsultasi ke dr. Kevin Maharis dari Maharis Clinic  karena saya pengen melalui proses ke dokter kulit yang banyak sekali ditanyakan ke saya dan juga saya penasaran dengan penggunaan Retinoic Acid yang harus dalam pengawasan dokter. Produk yang dipakai campuran antara OTC products dari Votre Peau yang informasinya sudah lebih mudah dicari dan kandungan lengkap ada di boksnya dan produk racikan dokter. Tentunya dr. Kevin saya tanya lengkap mengenai isi dari dua produk yang namanya ajaib dan terlihat generik.

Buat saya dengan mengetahui kandungan utama/aktif produk yang diberikan kita bisa jadi menilai kalau ada reaksi negatif/positif dari produk tersebut. Kapan kita harus terus pakai/berhenti pakai. Hasil apa yang kita harapkan?

Lagi-lagi, itu tugas kita untuk bertanya selengkap mungkin ke dokternya! Don’t expect the doctor to do all the work for you.

Ingin tahu produk apa yang bisa dikombinasikan? Jangan lupa tanya juga ke dokter. Kalau dokternya kurang informatif, menurut saya mau dia sebagus apapun hasilnya patut dipertanyakan. Karena kita mempercayakan kesehatan kulit kita ke dokter tersebut, kalau kita tidak nyaman, kita berhak untuk dapat informasi selengkap-lengkapnya.

Nah, mungkin setelah beberapa kali saya ke dokter kulit, mungkin nanti saya bisa bikin post tentang do’s and don’ts kalau ke dokter kulit.

Pengalaman Konsultasi ke Dokter Kulit

Leave a Reply

