Produk Skincare Dari Ristra Yang Cocok Untuk Iklim Tropis

Kalau tinggal di Indonesia, kayaknya nggak mungkin, ya, kalau nggak pernah dengar merek Ristra? Tagline mereka adalah cantik kini hingga nanti, skincare yang merupakan pelopor perawatan kulit yang memiliki pH-Balanced sesuai kulit wanita di iklim tropis.

I’ve talked about how important it is to choose the right pH-Balanced product to keep your acid mantle intact, right? Mulai dari pemilihan pembersih wajah dengan low pH sampai dengan produk toner dengan kandungan yang melembapkan. Nah, produk-produk dari Ristra ini tick all the right boxes.

Apalagi kalau misalnya kalian adalah pemula dalam memilih rangkaian produk perawatan wajah. 4-step skincare dari Ristra bisa menjadi pilihan untuk kalian, dan ini cocok banget dengan langkah yang pernah saya tulis di skincare for beginner. I’ll walk you through each of the products.

Langkah 1: Membersihkan

Langkah yang menurut saya paling penting sekali. Karena tanpa pembersihan yang benar produk-produk skincare lainnya mau sebagus apapun tidak akan menyerap dan bekerja dengan efektif. Nah, langkah pembersihan Ristra ini pas banget deh dengan saya, karena ada dua produk alias double cleansing.

Pembersihan pertama adalah dengan Ristra Extremely Gentle Cleansing Milk yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan makeup atau sunscreen pada malam hari. Ratakan produk cleansing milk pada kulit yang kering keseluruh wajah dan pijat rata, terutama pada daerah mata akan membutuhkan waktu lama. Pastikan makeup yang kalian gunakan lumer sebelum kalian membasuhnya dengan air. I actually prefer cleansing milk because it’s much gentle on the skin to cleanse your makeup. Penggunaan cleansing milk cukup sekali untuk sehari-hari apalagi kalau kalian tidak menggunakana heavy makeup. Apabila kalian hanya menggunakan sunscreen, kalian tetap butuh membersihkannya terlebih dahulu dengan cleansing milk! Apalagi diudara tropis seperti kita ini, pasti kotoran sudah menumpuk. Cleansing milk dari Ristra ini teksturnya cukup ringan dan dapat melumerkan makeup. Tapi apabila kalian menggunakan makeup mata waterproof, saya menyarankan kalian memberihkan makeup mata terlebih dahulu dengan eye makeup remover.

Ingredients: water, paraffinum liquidum,  lanolin anthydorus, propylene glycol, cera alba, polysorbate 60, sorbitan stearate, cetyl alcohol, sodium lauryl sulfate, imidazolidinyl urea, methylparaben, fragrance, carbomer, trithanolamine, ci 77891

Saya sendiri sebenarnya baru melihat detail daftar kandungan produk ini setelah saya menuliskan artikel ini. I know, there’s one ingredient here that I need to hightlight: SLS. Untungnya, saya membaca ini setelah mencoba produk sampai sudah habis setengah botol. Kalau nggak, saya pasti sudah punya bias tertentu terhadap produk ini. Saya termasuk yang menghindari SLS dalam pembersih saya, apalagi kalau SLS dikombinasikan dengan pH tingga, big no! Entah karena produk ini diformulasikan sebagai cleansing milk dan non foaming product, atau karena pH produk yang netral antara 4.5-5.5, atau karena saya tidak punya bias sebelumnya tapi satu hal yang pasti saya tidak mengalami reaksi negatif apapun terhadap produk ini. Alhamdulilah sekali, sih, apalagi saya sempat memakai produk ini setelah saya pulang dari Bangkok dan eksim saya sempat mau berontak keluar. All is fine, thankfully. Kalau mineral oil sendiri saya tidak menghindari, malah kalau eksim saya sedang keluar saya sering menggunakan produk krim dengan mineral oil, apalagi paraffinum liquidum sendiri adalah highly refined mineral oil.

Selain sebagai first cleanser di malam hari, saya juga suka menggunakan produk ini sebagai morning cleanser.

Pembersihan kedua adalah dengan menggunakan Ristra Health & Beauty Med Soap, it may sound clinical but the product itself doesn’t feel like that at all! Produk dengan pH 5.5 bila sudah tercampur dengan air ini benar-benar sesuai dengan kriteria second cleanser saya. Very minimal foam, wanginya enak sekali dengan wangi floral dan sedikit powdery, pastinya pH 5.5 tadi itu! Padahal produk ini harganya affordable banget! Setelah dipakai pun tidak terasa kering dan ketarik. Kulit tetap terjaga kelembapannya dan acid mantle pun tidak rusak.

Ingredients: purified water, sodium lauril myristyl esther sulfate, coco betaine, TEA-lauryl sulfate, glycol distearate, sodium laureth sulfate, cocamide MEA, laureth-10, cocamide DEA, sodium chloride, fragrance, DMDM hydrantoin, iodopropynyl, butylcarbamate, citric acid.

Seperti biasa, saya menggunakan produk ini pada kulit kering, dan saya akan mencampurkan produk tersebut dengan sedikit air di tangan saya terlebih dahulu sampai agak berbusa baru saya ratakan ke kulit dan kemudian basuh bersih. Produk ini tidak menghasilkan terlalu banyak busa.

Langkah 2: Menyegarkan

Dengan menggunakan Ristra Toning Lotion, langkah tesebut adalah untuk mengembalikan kelembapan setelah langkah pembersihan. Saya akan menggunakan kapas dan membasahkan kapas sampai benar-benar basah dan saya tap tap ke kulit sampai dingin.

Ingredients: water, glycerin, ethanol, imidazolidinyl urea, polysorbate 20, allantoin, methylparaben, fragrance, ci 19140.

Not too complicated on the ingredient, you get glycerin as humectant and allantoin that is soothing and occlusive.

Rasanya? If you’re looking for that first wipe of toner to just wipe off the cleanser excess, bring back that first layer of hydration and refresh your skin, this is it. Bisa dipakai sendiri atau kalau kalian ingin mengombinasikannya dengan hydrating toner yang lebih kental dan melembapkan bisa banget. Karena produk ini sangat light. Atau kalau kalian memiliki kulit yang berminyak, ini sendiri bisa digunakan.

Langkah 3: Melembapkan

Nah, di langkah ini kalian bisa menggunakan Ristra Health and Beauty Moisturizing Cream. Produk ini menggunakan Olive Oil dan Lanolin Anhydrous sebagai emolien. Serta paraffin liquidium dan allantoin untuk oklusif.

If you want a simple moisturiser, doesn’t feel greasy and trap hydration well, this is it. Saya kaget banget walau ada kandungan olive oil dan lanolin, produk ini sama sekali nggak kerasa kental dan greasy. Nah, karena empat kandungan di atas tadi, saya sempat nekat mencobanya untuk seal in serum-serum untuk menenangkan kulit saya pada saat saya bruntusan setelah pulang dari Bangkok. Benar, loh, beneran bisa “mengunci” nutrisi dan kelembapan pada saat kulit saya rewel sekalipun.

Ingredients: menyusul

Langkah 4: Meregenerasi

Ristra Scrub Cream bisa kalian gunakan kalau kalian perlu weekly physical exfoliation. Nah, walau kalian sudah double toning, sekali-kali (paling tidak seminggu sekali) kalian membutuhkan physical exfoliation. Cara menggunakannya, pada kulit yang agak basah ratakan produk dan pijat halus produk. Terutama daerah-daerah yang terjadi penumpukan sel kulit mati seperti hidung dan dagu.

Saya ada trik nih untuk menggunakan produk ini kalau ingin eksfoliasi lebih lembut.  Gunakan sedikit cleansing milk pada wajah dan ratakan, baru aplikasikan scrub. Pijatannnya jadi lebih enak dan eksfoliasinya terasa lebih lembut.

To sum it all up, I think if you’re looking for affordable, inexpensive, simple ingredients yet effective product, you may wish to try this. A good product for to start your skincare routine that respect your skin barrier. Kenapa? Karena produknya diformulsikan di pH 4.5-5.5.

Karena produknya harganya sangat terjangkau banget, menurut saya, nggak ada ruginya untuk coba aja. Apalagi Ristra punya produk paket dalam ukuran sedang dengan harga sekitar Rp 181,500 dan sudah lengkap ada 5 produk ini, loh! Kalau mau langsung beli kelima produk ini dalam ukuran normalnya bisa dibeli dengan harga Rp 236,500!

Untuk informasi lebih lanjut, kalian juga bisa follow akun Instagram mereka di @ristra_id

Advertisements
Produk Skincare Dari Ristra Yang Cocok Untuk Iklim Tropis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s